Taryo
Blog Universitas Komputer Indonesia

Install Ubuntu 14.04 LTS dan Windows 8.1 (Rival Dual Boot)

Install Ubuntu 14.04 LTS dan Windows 8.1 (Rival Dual Boot)
Install Ubuntu 14.04 LTS dan Windows 8.1 pada satu komputer merupakan langkah awal kita dalam mengenal produk berlisensi GNU/GPL, pada umumnya Linux bisa lebih mengenal peripheral komputer tanpa harus menginstall driver terlebih dahulu, bila dibandingkan dengan produk dari microsoft, namun pada versi windows 8.1 memang sudah support banyak driver komputer. satu hal yang tidak bisa dilakukan oleh windows sampai saat ini yaitu kemampuannya tidak bisa membaca file system Ext4 Journaling pada linux, tapi Linux bisa melihat file system NTFS pada windows.
Install dual boot antara Install Ubuntu 14.04 LTS dan Windows 8.1 tidak lah sesulit yang dibayangkan, namun cuma butuh ketelitian. Berikut langkahlangkahnya.
 
  1. Install Windows 8.1 : untuk detail bagaimana proses installasinya berikut link artikel cara installasinya. Link Artikel Install Windows 8.1, setelah berhasil menginstall windows 8.1 tersebut maka langkah untuk mementukan buat dual boot adalah install ubuntu 14.04 LTS sebagai berikut.
  2. Untuk detail cara Installasi Ubuntu 14.04 LTS ada dilink berikut : Link Artike Install Ubuntu 14.04 LTS, yang membedahkannya hanya pada langkah ke-3  dari artikel tersebut, tampilan sebagai berikut.
    Keterangan :
    • Pilihan Install Ubuntu alongside windows8 adalah install ubuntu secara otomatis akan menempatkan partisi ubuntu di windows yang mempunyai partisi kosong paling besar, langkah ini bisa saja menghapus data anda.
    • Pilihan Replace windows 8 with Ubuntu adalah mengganti sistem operasi windows anda secara keseluruhan untuk digantikan oleh Ubuntu.
    • Something else adalah pilihan manual yang akan kita terapkan pada installasi duall boot kali ini, langkah kita yang menentukan partisi mana saja yang harus diselamatkan dan harus kita buat partisi buat linuxnya, berhubung kita sudah menyiapkan partisi kosong sebelumnya di installasi windows 8. Lihat di artikel berikut untuk detailnya. maka pilihan kali ini adalah pada something else. kemudian klik Continue.
      Install Ubuntu 14.04 LTS dan Windows 8.1 (Rival Duo Boot)
  3. Pada tampilan ini, pilih partisi yang kosong yang telah disediakan sebelumnya kemudian klik tombol + pada sebelah kiri bawah.
    Install Ubuntu 14.04 LTS dan Windows 8.1 (Rival Duo Boot)
  4. Dari total seluruh kapasitas sisahkan 500MB untuk swap area-nya. pada mount poin pilih root : / seperti gambar berikut, kemudian klik OK.
    Install Ubuntu 14.04 LTS dan Windows 8.1 (Rival Duo Boot)
  5. Dari sisa pertisi tadi langkahnya sama seperti langkah no.4, namun pada use as : pilih swap area saja, kemudian klik OK.
    Install Ubuntu 14.04 LTS dan Windows 8.1 (Rival Duo Boot)
  6. Perhatikan, pada kolom format, yang bertanda cek list berarti partisi tersebut nantinya akan di format, pastikan yang di cek list hanya partisi untuk linux saja, setelah semua yakin langkah selanjutnya adalah klik Install Now. dan untuk langkah selanjutnya sama dengan langkah pada installasi linux ubuntu 14.04, tunggu sampai selesai proses installasinya.
    Install Ubuntu 14.04 LTS dan Windows 8.1 (Rival Duo Boot)
  7. Setelah proses installasi selesai, reboot/ restart komputer anda dan seperti inilah tampilan pertama boot loader untuk dual boot Linux Ubuntu 14.04 LTS dengan Windows 8.1, pilih sistem operasi yang hendak akan anda jalankan kemudian tekan ENTER.
    Install Ubuntu 14.04 LTS dan Windows 8.1 (Rival Duo Boot)
     
Selesai dan semoga membantu..
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 16 April 14 - 08:19 WIB
Dalam Kategori : UBUNTU, UBUNTU 14.04, WINDOWS 8.1
Dibaca sebanyak : 2891 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback